Rabu, 28 Agustus 2019

IDEA DAN MATERI

       Alam objektif dan Alam subjektif

Alam subjektif adalah apa yang ada di dalam fikiran. Sedangkan alam objektif adalah apa yang ada di dunia yang dapat di cerap Indra.

Seperti apa yang di ucap oleh kaum idealis seperti Plato. Dalam pemikirannya tentang dualisme.
Dualisme adalah dua duni. Dunia idea dan dunia indrawi. Dunia idea adalah dunia yang jauh tak terlampau keberadaannya yang tak diketahui oleh manusia.
Dunia idea adalah tempat dimana kesempurnaan berada karena apa yang ada dalam idea bersifat kekal, metafisik, dan tak berubah-ubah. Sedangkan dunia indrawi adalah dunia yang kita tempati sekarang. Menurut Plato apa yang ada di dunia indrawi ini semuanya hanyalah rekaan atau tiruan dari apa yang ada di dunia idea. Kerena apa yang ada di dunia ini bentuk nya tidak sempurna dan selalu berubah-ubah tidak kekal.
Semua yang ada di dalam fikiran kita adalah apa yang sempurna dan apa yang ada di dunia Indra adalah rekaan semata yang dapat berubah-ubah (tidak sempurna).

Berangkat dari penjelasan di atas tersebut saya ingin membahas permasalahan manusia sedewasa ini. Dimana kebanyakan orang secara tidak sadar dan tidak langsung selalu memaksa kehendak orang lain agar sama dengan apa yang dia inginkan kan. Tanpa mempertimbangkan hal hal yang ada di luar dirinya. Kadang kala kita menjumpai permasalahan dimana sesuatu yang ada di alam objektif kita tidak sama dengan apa yang ada dalam fikiran kita. Atau sebaliknya apa yang ada difikirkan kita tidak sama Dengan kenyataan.
Contoh ketika saya menjumpai wanita sebut saja Dinda. Saya memiliki anggapan tentang Dinda. Bahwa ia adalah seseorang yang baik, penyayang, rajin dan teliti. Akan tetapi ketika saya kenal dia semua itu tidak ada dalam dirinya. Disini saya tidak bisa memaksakan Dinda agar sama seperti apa yang ada dalam fikiran saya.
  Kalau kita sedang mendapati keadaan seperti itu biasanya pikiran kita sedang tidak konek dengan realitas. Seharusnya alam subjektif dan alam objektif kita saling berhubungan atau berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

organisasi sebagi tempat pengaktualan diri

Salah satu fungsi Organisasi Kemahasiswaan ekstra kampus adalah suatu wadah atau tempat untuk pengaktualan diri dan mengasah jiwa intelektua...