Senin, 18 November 2019

organisasi sebagi tempat pengaktualan diri

Salah satu fungsi Organisasi Kemahasiswaan ekstra kampus adalah suatu wadah atau tempat untuk pengaktualan diri dan mengasah jiwa intelektualitas yang dimiliki oleh setiap individu.
 "Pada dasarnya setiap orang punya potensi menjadi intelektual sesuai dengan kecerdasan yang dimilikinya, dan dalam cara menggunakannya. Tetapi tidak semua orang adalah intelektual dalam fungsi sosial" (Antoni gramsci)
 
Dari tujuan setiap masing masing organisasi sudah jelas organisasi bukanlah tempat untuk bermanja manjaan atau mendapatkan perhatian lebih dari senior, berkumpul, tertawa lepas bahkan untuk mengisi waktu luang saja ketika tidak ada mata kuliah.
 

Namun sedewasa ini banyak mahasiswa yang enggan untuk mengikuti organisasi. terkhususnya organisasi Kemahasiswaan ekstra kampus.

Padahal Dengan berorganisasi kita akan dilatih dan di beri wawasan juga pengetahuan. Tidak hanya terfokuskan oleh satu bidang pengetahuan saja. Namun kita akan di beri pengetahuan yang sifatnya universal atau umum. 

Di era globalisasi dan pesatnya perkembangan zaman ini banyak individu yang tergerus jiwa jiwa sosial nya, Kepekaan terhadap lingkungan, realitas sosial, bahkan kesadaran akan diri sendiri kian hilang.

Banyak mahasiswa yang terlanjur apatis juga hedonis. Hilangnya esensi terhadap nilai nilai peran mahasiswa (agent of change, social control, Iron stock)

Padahal jika kita ingin sedikit melihat sejarah perjuangan bangsa ini, pemuda/mahasiswa banyak berperan dalam perjuangan dalam memajukan bangsa. Tahun 65 para mahasiswa ikut serta bahkan berperan aktif dalam menurunkan rezim orde lama yang di pimpin oleh presiden Soekarno. Tahun 98 para mahasiswa kembali turun kejalan dalam memperjuangkan hak hak rakyat dengan menurunkan rezim orde baru yang di pimpin oleh Soeharto. Dimana pada masa kepemimpinan Soeharto kebebasan berpendapat menyampaikan aspirasi di tempat umum di bungkam. Banyak kekejian kekejian yang terjadi.

Mahasiswa dengan lantang menyuarakan kebenaran dibawah kuasa tirani.
Namun kini sumua itu tinggal kenangan. Banyak mahasiswa yang bungkam melihat dinamika di negri ini. Apa mungkin memang tidak tau? Atau pura pura tidak tau?


Pada kesempatan ini saya mengajak semua mahasiswa untuk berproses bersama di organisasi ekstra kampus organisasi Pergerakan, kemahasiswaan, ke Islaman, ke Indonesian yaitu organisasi yang sudah go internasional Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) namanya.(Tama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

organisasi sebagi tempat pengaktualan diri

Salah satu fungsi Organisasi Kemahasiswaan ekstra kampus adalah suatu wadah atau tempat untuk pengaktualan diri dan mengasah jiwa intelektua...