Senin, 18 November 2019

budaya sebagai identitas

Rabu 13 November 2019 
Kota agung

Budaya adalah suatu kebiasaan yang sudah menjadi adat istiadat. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budia atau akal); diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia. Bentuk lain dari kata budaya adalah kultur yang berasal dari bahasa Inggris yaitu culture dan bahasa Latin cultura.

 Sedangkan identitas adalah suatu yang melekat pada individu, kelompok ataupun golongan. Identitas menurut Stella Ting Toomey merupakan refleksi diri atau cerminan diri yang berasal dari keluarga, gender, budaya, etnis dan proses sosialisasi. Identitas pada dasarnya merujuk pada refleksi dari diri kita sendiri dan persepsi orang lain terhadap diri kita. Sementara itu, Gardiner W. Harry dan Kosmitzki Corinne melihat identitas sebagai pendefinisian diri seseorang sebagai individu yang berbeda dalam perilaku, keyakinan dan sikap.

Jadi secara etimologi budaya sebagai identitas adalah suatu kebiasaan yang melekat pada satu golongan, ras, suku atau kelompok. Yang menjadi pembeda antara yang lain di antara mereka. 

Indonesia adalah suatu negara yang memiliki beragam budaya. Dan setiap daerah memiliki budaya atau kebiasaan yang berbeda. Seperti halnya budaya yang ada di Lampung ketika sedang menggelar acara pernikahan. 

Kebiasaan yang ada di Lampung biasanya ketika sedang ada pesta pernikahan. Nayuh kalo kata orang Lampung.  sebelum hari H sudah ramai di rumah yang punya hajat. Orang orang desa atau satu kebot sudah mulai membantu bantu untuk persiapan pesta.

Dan pada hari H pengantin di arak dari rumah pemangku adat atau dari orang yang tertua dalam keluarga. Menuju tempat pesta.  Pengantin juga di iringi oleh tari hakot  Lampung den ketika saoai ke lokasi mereka di sambut.

Selain itu juga yang sudah menjadi kebiasaan orang Lampung ketika sedang pesta adalah mengadakan orgen tunggal. Hiburan untuk orang kampung dan tamu undangan.

Orgen tunggal adalah kebiasaan yang sudah dan paling melekat pada orang Lampung. Walaupun sebenernya ada acara khusus dan sakral yanh dimiliki orang Lampung. Namu kebiasaan yang satu ini kini mulai hilang. Seiring dengan perkembangan zaman dan kebiasaan baru  Muncul dan menjadi identitas yang baru dan melekat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

organisasi sebagi tempat pengaktualan diri

Salah satu fungsi Organisasi Kemahasiswaan ekstra kampus adalah suatu wadah atau tempat untuk pengaktualan diri dan mengasah jiwa intelektua...